Strategi jitu agar bisnis anda tidak kehilangan pelanggan



Ketika anda sukses dalam suatu bisnis, ketika anda berhasil meraih mimpi dalam berbisnis atau ketika anda telah menemukan bahwa rejeki anda adalah di bisnis tersebut dan pastinya anda tidak mau kehilangan rejeki anda gara-gara kehilangan pelanggan bukan?Yupz! pastinya, setiap orang yang sedang menjalankan bisnis tidak ingin kehilangan pelanggannya, justru yang di inginkan sebaliknya bertambahnya pelanggan bukan pelanggan yang ada jadi hilang atau berkurang. Nah loch!!! Tidak mau kan?Lalu bagaimana dong agar pelanggan anda itu tidak hilang alias tidak kabur???
Oke-oke tenang saja, saya akan kasih tahu kepada anda agar kita tidak kehilangan pelanggan dalam menjalani suatu bisnis. Mau tahu caranya??? Mari kita simak uraian berikut:

     1. Jaga kepercayaan Pelanggan
Menjaga kepercayaan pelanggan merupakan kunci nomor wahid dalam menjalani bisnis apapun, tanpa adanya kepercayaan niscaya anda tidak akan pernah berhasil dalam berbisnis apapun, atau mungkin anda sudah berhasil menjalani sebuah bisnis tapi anda malah menanamkan benih ketidak percayaan kepada pelanggan maka yang terjadi pelanggan anda akan menghilang. dan sebagaimana hebatnya strategi anda dalam berbisnis tanpa disertai kepercayaan pelanggan alhasil bakalan nihil hasil yang anda dapatkan. Camkan baik-baik. Oke! Sekarang coba anda bayangkan, misalkan anda seorang pelanggan belanja online pada salah satu toko online, pada saat belanja awal anda lakukan pengiriman lancar dan tepat waktu, namun ketika transaksi yang kedua anda lakukan pada toko online tersebut barangnya tidak sampai ketangan anda alias ketipu. Nah loch apakah anda akan tetap belanja lagi untuk yang ketiga kali setelah transaksi kedua ditipu, tentu tidak bukan?Nah begitupula dengan pelanggan yang lain ketika anda menanamkan satu tetes ketidak percayaan pasti pelanggan anda tidak akan membeli lagi produk anda. Jadi usahakan jagalah kepercayaan kepada pelanggan jangan sampai pelanggan anda tidak lagi percaya. Dan yang lebih parah lagi ketika semua orang tahu tentang ketidak percayaan salah satu pelanggan anda pada bisnis yang anda jalankan.

2. Tetap tersenyum alias jangan jutek
Selain mengandung nilai ibadah senyum juga dapat mempertahankan pelanggan anda. Tidak percaya???Coba saja sekarang anda beli produk/barang kepada penjual yang jutek alias muka asem bagaimana perasaan anda, apakah anda senang?apakah anda mendapatkan kepuasan batin?tidak bukan, nah begitupula dengan pelanggan anda ketika pelanggan anda belanja kepada anda, anda malah memperlihatkan muka asem yang terjadi pelanggan anda malah kabur dan tidak akan belanja lagi. Kenapa?kok bisa, Ingat orang mana yang tidak ingin mendapatkan senyuman dari penjual ketika belanja. Apalagi mendapatkan senyuman dari penjual yang cantik dan guanteng, cie... he huhuy. Mungkin pelanggan anda akan mengobrol kepada temannya, “hei tau gak tadi aku belanja di toko anu pelayanannya memuaskan karena penjualnya selalu tersenyum dan jujur lagi orangnya, beli gula 1 kg tidak ditambahin, he he yai iyalah...” Oke! kembali lagi. Dengan tersenyum dapat memuaskan pelanggan anda karena senyuman itu bisa mengalirkan energi positip kepada orang lain akibatnya pelanggan akan merasa puas, senang dan tetap akan kembali lagi untuk berbelanja ketika mencari produk yang diinginkan di bisnis anda.

3. Ramah dan sopan
Point yang nomor tiga ramah dan sopan. Pelayanan anda kepada pelanggan harus ramah dan sopan agar pelanggan anda itu nyaman dalam berbelanja. Ramah dan sopan merupakan modal dalam mempertahankan pelanggan. Karena tentu saja anda juga tidak ingin belanja ke penjual yang kasar dan tidak sopan bukan?begitupula dengan pelanggan anda, SAMA. . . jadi usahakan anda harus ramah dan sopan.

4.   Jangan sombong
“Som-bong,,,,,,,, ikh.... dasar... mentang-mentang udah sukses dalam bisnis dagang, sekarang jadi sombong, lupa sama aku, oke ntr aku gak kan belanja lagi ke dia banyak kok tukang dagang yang lain” Nah. . Nah. . Nah. . bagaimana kalau petikan omongan ini dari pelanggan anda?Apa yang terjadi?Apakah dia akan belanja lagi?Sulit... untuk ditebak tapi cenderung tidak akan belanja lagi. Mengapa?Saya contohkan dahulu uraian omongan diatas, begini misalkan anda sudah sukses, suatu hari anda pergi ke suatu tempat dan ditempat tersebut anda ketemu sama teman anda, teman anda ini salah satu pelanggan bisnis anda. Pelanggan anda ini menyapa ke anda tapi anda malah pura-pura lupa alias tidak kenal ke teman anda. Nah virus yang seperti ini, saya katakan virus itu kesombongan... bisa membuat teman atau pelanggan anda berbicara seperti ini“Som-bong,,,,,,,, ikh.... dasar... mentang-mentang udah sukses dalam bisnis      dagang, sekarang jadi sombong, lupa sama aku, oke ntr aku gak kan belanja lagi ke dia banyak kok tukang dagang yang lain”Jadi tolong usahakan jangan sampai sombong jika anda tidak mau kehilanggan pelanggan. Ya... walaupun Cuma satu, kehilangan pelanggannya tapi walaupun satu jika sering kehilangan pelanggan lama-lama bisa jadi habisss.

5.   Selalu berusaha agar pelanggan anda puas
Nah ini dia, berusaha memuaskan pelanggan anda, bagaimana pun caranya, usahakan agar pelanggan anda itu puas. Caranya bagaimana?anda bisa baca bagaimana cara memuaskan pelanggan.

6. Jangan menaikan harga dari pesaing anda
Kalau pembeli produk anda sudah banyak anda jangan coba-coba untuk menaikan harga karena dengan menaikan harga anda bisa kehilangan pelanggan kecuali kalau anda menggunakan trik cara menaikan harga agar pelanggan tidak kabur.

7. Coba berikan reward kepada pelanggan anda
Reward merupakan kunci strategi jitu sekaligus dapat menggaet pelanggan baru dalam berbisnis. Karena dengan memberikan reward pelanggan anda akan merasa senang dan puas belanja di tempat anda.

Semoga uraian diatas dapat memberikan masukan untuk anda dalam berbisnis agar pelanggan anda tetap terjaga, saran dan keritik dari anda saya nantikan dari guna menjaga eksistensinya blog ini agar tetap bermanfaat untuk pembaca. Dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih atas kunjungan anda ke blog ini.
Salam sukses