Anda bisa saja memberikan produk yang tepat, layanan yang
tepat, harga yang tepat tetapi apakah anda bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan?
Satu-satunya cara untuk mengetahui adalah menindaklanjuti dan meminta pelanggan
berbicara kepada anda, " Apakah Anda puas dengan produk atau jasa yang saya jual?
" Dan jika jawabannya adalah " tidak, " Anda sebaiknya menyusun
rencana dengan baik agar pelanggan anda puas.
Ingat!!! : Ketika seorang pelanggan mengeluh maka yang terjadi pelanggan
akan pergi. Dan ketika pelanggan anda pergi, maka dia pasti akan mengatakan
kepada orang lain bahwa produk atau jasa
anda tidak memuaskan. Lantas kalau sudah seperti ini bagaimana?Anda akan
kehilangan semua pelanggan selamanya. Tapi anda tidak usah khawatir, karena saya
akan coba berbagi tentang cara sederhana memuaskan pelanggan
1 . Memahami pelanggan anda
Cara pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus
memahami pelanggan. Lantas bagaimana caranya?
caranya anda harus cari tahu apa
yang mereka harapkan dari produk anda?ketika produk/jasa anda itu telah dibeli.
Atau misalkan ketika ada keluhan dari para pelanggan bagaimana?biasanya keluhan
apa yang mereka katakan? Nah, ketika anda telah menemukan apa yang mereka
harapkan itulah cara dari memahami pelanggan anda.
Bagaimana jika kesulitan memahami pelanggan?
Jika anda kesulitan memahami pelanggan coba berpikir sebagai
pembeli
Kesulitan memahami pelanggan bisa karena mungkin saja belum
ada yang mengeluh tentang produk/jasa anda. Nah, jika demikian maka anda harus berpikir sebagai
pembeli. Coba sekarang anda beli suatu produk, misalkan produk tas. Apa yang
anda harapkan dari produk tas tersebut?Dan anda pasti menemukan jawaban yang diharapkan
dari produk tas tersebut maka itulah jawaban dari pelanggan anda.
Action memenuhi harapan pelanggan
Setelah anda menemukan jawaban yang pelanggan harapkan, maka
anda harus action memenuhi harapan pelanggan.
2 . Berikan kontak anda pada pelanggan
Tujuan memberikan kontak, agar pelanggan anda dapat
menghubungi anda ketika ada produk yang kurang diharapkan sehingga pelanggan dapat
menghubungi anda dengan mudah. Oleh karena itu anda harus memberikan kontak anda pada
pelanggan. Dan jangan lupa anda pinta juga kontak pelanggan supaya anda dapat
menjangkau mereka ketika memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.
3 . Terus berkomunikasi dengan pelanggan
Satu-satunya cara agar benar-benar memuaskan pelanggan
adalah Terus berkomunikasi dengan pelanggan. Silahkan anda gunakan setiap bentuk
komunikasi apa saja, itu terserah anda misalkan anda bisa komunikasi melalui telepon atau bisa juga melalui layanan yang tersedia di internet seperti ( email , Twitter , Facebook , Linked In
, Google+ , Skype dll) . Dengan cara itu , Anda dapat mengetahui apa
yang mereka inginkan.
4 . Mengukur hasil kepuasan pelanggan.
Setelah anda melaksanakan ketiga point diatas kemudian anda
ukur hasil kepuasan pelanggan itu bagaimana?berapa persen tingkat kepuasannya?Lalu
bagaimana cara mengukurnya?caranya anda bisa dengan menggunakan survey kepada pelanggan baik secara langsung
maupun tidak langsung.
0 komentar:
Post a Comment