Cara sederhana memuaskan pelanggan

Anda bisa saja memberikan produk yang tepat, layanan yang tepat, harga yang tepat tetapi apakah anda bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan? Satu-satunya cara untuk mengetahui adalah menindaklanjuti dan meminta pelanggan berbicara kepada anda, " Apakah Anda puas dengan produk atau jasa yang saya jual? " Dan jika jawabannya adalah " tidak, " Anda sebaiknya menyusun rencana dengan baik agar pelanggan anda puas.
Mengapa harus menyusun rencana dengan baik?
Ingat!!! : Ketika seorang pelanggan mengeluh maka yang terjadi pelanggan akan pergi. Dan ketika pelanggan anda pergi, maka dia pasti akan mengatakan kepada orang lain bahwa produk  atau jasa anda tidak memuaskan. Lantas kalau sudah seperti ini bagaimana?Anda akan kehilangan semua pelanggan selamanya. Tapi anda tidak usah khawatir, karena saya akan coba berbagi tentang cara sederhana memuaskan pelanggan

1 . Memahami pelanggan anda
Cara pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus memahami pelanggan. Lantas bagaimana caranya?
caranya anda harus cari tahu apa yang mereka harapkan dari produk anda?ketika produk/jasa anda itu telah dibeli. Atau misalkan ketika ada keluhan dari para pelanggan bagaimana?biasanya keluhan apa yang mereka katakan? Nah, ketika anda telah menemukan apa yang mereka harapkan itulah cara dari memahami pelanggan anda.
Bagaimana jika kesulitan memahami pelanggan?
Jika anda kesulitan memahami pelanggan coba berpikir sebagai pembeli
Kesulitan memahami pelanggan bisa karena mungkin saja belum ada yang mengeluh tentang produk/jasa anda. Nah, jika demikian maka anda harus berpikir sebagai pembeli. Coba sekarang anda beli suatu produk, misalkan produk tas. Apa yang anda harapkan dari produk tas tersebut?Dan anda pasti menemukan jawaban yang diharapkan dari produk tas tersebut maka itulah jawaban dari pelanggan anda.
Action memenuhi harapan pelanggan
Setelah anda menemukan jawaban yang pelanggan harapkan, maka anda harus action memenuhi harapan pelanggan.

2 . Berikan kontak anda pada pelanggan
Tujuan memberikan kontak, agar pelanggan anda dapat menghubungi anda ketika ada produk yang kurang diharapkan sehingga pelanggan dapat menghubungi anda dengan mudah. Oleh karena itu anda harus memberikan kontak anda pada pelanggan. Dan jangan lupa anda pinta juga kontak pelanggan supaya anda dapat menjangkau mereka ketika memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.

3 . Terus berkomunikasi dengan pelanggan
Satu-satunya cara agar benar-benar memuaskan pelanggan adalah Terus berkomunikasi dengan pelanggan. Silahkan anda gunakan setiap bentuk komunikasi apa saja, itu terserah anda misalkan anda bisa komunikasi melalui telepon atau bisa juga melalui layanan yang tersedia di internet seperti ( email , Twitter , Facebook , Linked In , Google+ , Skype dll) . Dengan cara itu , Anda dapat mengetahui apa yang mereka inginkan.

4 . Mengukur hasil  kepuasan pelanggan.
Setelah anda melaksanakan ketiga point diatas kemudian anda ukur hasil kepuasan pelanggan itu bagaimana?berapa persen tingkat kepuasannya?Lalu bagaimana cara mengukurnya?caranya anda bisa dengan menggunakan survey kepada pelanggan baik secara langsung maupun tidak langsung.